Dipusatkan di LCM Batusangkar, Polres Tanah Datar Gelar Upacara HUT Bhayangkara Ke-78

Tanah Datar, beritaterbit.com – Kepolisian Resort (Polres) Tanah Datar menggelar upacara peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Bhayangkara ke-78 tahun 2024 di Lapangan Cindua Mato (LCM) Batusangkar, Senin (01/07/2024).

Bertindak sebagai Inspektur Upacara Kapolres Tanah Datar AKBP Derry Indra, S.I.K dan sebagai Komandan Upacara IPTU Rido, SH, MH yang sehari-harinya menjabat sebagai Kanit Regident Satlantas Polres Tanah Datar.

Upacara diikuti oleh Personel Polres Tanah Datar, Kapolsek se-Jajaran, Kodim 0307 Tanah Datar, Pol PP Damkar, Dinas Perhubungan dan Pramuka.

Hadir juga Bupati Tanah Datar Eka Putra, SE, MM, Ketua DPRD Tanah Datar H. Roni Mulyadi Dt. bungsu Forkopimda, Ketua TP PK Tanah Datar Ny. Lise Eka Putra, Ketua Persit Kodim 0307 Tanah Datar, Sekretaris Daerah Iqbal Ramadi Payana, Asisten, Kepala OPD, Pimpinan BUMN dan BUMD serta undangan lainnya.

Pada kesempatan itu, Kapolres Derry Indra membacakan amanat Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo yang isinya diantaranya permohonan maaf kepada seluruh masyarakat Indonesia apabila ada kekurangan Institusi Kepolisian dalam melayani masyarakat Indonesia selama ini.

Kapolri juga mengatakan akan terus berkomitmen untuk membuka ruang kritik, saran serta partisipasi masyarakat dalam rangka evaluasi dan perbaikan organisasi serta Institusi Kepolisian, sehingga kedepannya dapat membawa perubahan ke arah yang lebih baik demi mewujudkan Polri yang dicintai sesuai harapan masyarakat.

Selain itu, Jenderal Polisi bintang empat ini juga komitmen menjadikan Polisi sebagai Bhayangkara sejati yang mengabdi tanpa henti kepada masyarakat.

Usai kegiatan upacara, Bupati Eka Putra memberikan Piagam Penghargaan kepada 11 personil Sat Reskrim Polres Tanah Datar atas prestasi dan dedikasinya mengungkap jaringan pelaku Narkoba dalam rangka pencegahan, pemberantasan, penyalahgunaan dan peredaran gelap Narkoba di Kabupaten Tanah Datar.

Selain itu, Bupati Eka Putra juga memberikan penghargaan kepada Babinkamtibmas Nagari Baringin Bripka Ciko Oklef Kosasi Norman, SH atas aksi heroiknya pada hari Selasa 14 Mei 2024 saat mengevakuasi potongan tubuh korban pasca banjir bandang Gunung Marapi di jorong Bukit Gombak.

Tidak hanya Bupati Eka Putra yang memberikan penghargaan. Dalam momen HUT Bhayangkara ke-78 ini Kapolres Derry Indra juga menyerahkan beasiswa kepada Fatihul Ihsan yang merupakan salah seorang siswa berprestasi dari SMP Negeri 1 Tanjung Emas.

Tidak itu saja, pada kesempatan yang sama Kapolres juga memberikan penghargaan kepada Bupati Tanah Datar Eka Putra, SE, MM atas peran aktif dalam membangun komunikasi dengan Forkopimda Tanah Datar dan mendukung tugas Kepolisian dalam pemeliharaan keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas) di Wilayah Hukum (Wilkum) Polres Tanah Datar.

Selanjutnya, Kapolres Tanah Datar juga memberikan penghargaan kepada Ketua DPRD H. Ronny Mulyadi Dt. Bungsu, Dandim 0307 Tanah Datar Letkol Inf Agus Priyo Pujo Sumedi, S.I.P., M. Han, Ketua Pengadilan Negeri Batusangkar Liena, S.H., M. Hum, Ketua Pengadilan Agama Batusangkar Elmishbah Ase, S.H.I, dan Kepala Kejaksaan Negeri Tanah Datar Anggiat AP Pardede, SH, MH.

Tak ketinggalan Wali Nagari juga menerima Piagam Penghargaan yang diserahkan langsung oleh Kapolres Derry Indra, diantaranya yaitu Wali Nagari Rambatan, Wali Nagari Parambahan, Wali Nagari Baringin, Wali Nagari Limo Kaum, Wali Nagari Pasie Laweh, dan Wali Nagari Sungai Jambu yang telah berperan aktif dalam mendukung keberhasilan tugas kepolisian, berupa percepatan penanganan korban dan pengungsi, pendistribusian bantuan dan logistik saat terjadinya bencana banjir bandang di Tanah Datar.

Selanjutnya, penghargaan dan piala juga diserahkan Kapolres atas berbagai kategori dan prestasi jajaran Polres Tanah Datar dalam rangka Hari Bhayangkara ke-78 tahun 2024 ini.

Rangkaian kegiatan hari Bhayangkara juga dimeriahkan dengan penampilan Tari Kolosal Malamang yang dibawakan oleh personel gabungan Polres Tanah Datar dan Kodim 0307 Tanah Datar.

Diakhir acara Bupati Eka Putra bersama Forkopimda mengucapkan selamat Hari Bhayangkara yang ke-78 Tahun 2024.

“Saya Eka Putra, Bupati Tanah Datar bersama Forkopimda Kabupaten Tanah Datar mengucapkan selamat hari Bhayangkara yang ke-78 tahun 2024, semoga Polisi tambah jaya menuju Indonesia Emas tahun 2045,” tukasnya.

Penulis: Maryati

Editor: Wulan

Ruangan komen telah ditutup.