Prosesi Pemilihan Tuha Peut Gampong Geudong Geudong Periode 2024-2030 Lancar, Sukses dan Damai

Bireuen, Beritaterbit.com – Pemilihan Tuha Peut Gampong Geudong-Geudong Kecamatan Kota Juang, Kabupaten Bireuen Aceh yang dilaksanakan di pelataran parkir Masjid Al-Mujahidin Kemukiman Geudong Sabtu, 29 Juni 2024 berjalan lancar, sukses dan damai.

Prosesi pelaksanaan pemilihan yang diikuti 15 calon itu ternyata masyarakatnya sangat antusias untuk pemilihan Tuha Peut.

Dari 966 daftar pemilih di 3 Dusun Gampong Geudong-Geudong, sangat antusias dan sudah tampak hadir sejak pagi hari. Dengan tertib, mereka langsung menduduki tempat yang disediakan panitia.

Pemungutan suara dimulai pukul 8.30 sampai selesai pukul 14.30 Wib. Kemudian dilanjutkan perhitungan surat suara sampai sore hari.

Adapun 9 dari 15 calon lolos terpilih di Gampong Geudong Geudong masa bakti 2024-2030 adalah Azhari, Abdussalam, M Nur, Jafaruddin, Afdhal alias Pudai, Aniswar, Syahrial, Faisal Gazali dan Nilawati.

Prosesi pelaksanasn pemilihan peserta Dusun Kutatrieng yang terpilih adalah Tgk. M. Nur meraih 140 suara diikuti Jafaruddin 121 Suara dan Afdhal alias Pudai 72 suara.

Dan yang tidak terpilih dari Dusun Kuta trieng sebagai cadangan adalah Tgk Sabri alias Abon hanya meraih 33 suara dan Boihaqi 26 suara.

Dari Dusun Pusu Lawah total 190 suara yang terpilih adalah Azhari meraih 152 suara dan Abdussalam dengan meraih 36 suara dan suara tidak sah 2 suara.

Untuk Dusun Sagoe dari 378 suara yang diperebutkan 3 terpilih dari 6 calon masing-masing yang terpilih adalah Aniswar meraih 87 suara, Syahrial 85 suara dan Fisal Razali meraih 63 suara.

Sedangkan cadangan Teungku Rusli, S. E (Tgk. Li), Mawardi Is dan Epi Rizal, ST meraih 52 suara, 48 suara dan 35 suara.

Selain itu dua sosok tokoh wanita Murniati dan Nilawati yang bersaing ketat adalah Nilawati terpilih dengan meraih 742 suara sedangkan Murniati hanya merah 159 suara.

Situasi dan kondisi dalam proses berjalan aman dan tertib. Dikawal Babinsa dan Bhabinkamtibmas dan sangat tertib.

Sementara sosok pemuka masyarakat Geudong, H Suherman Amin yang merupakan mantan Peutuha Tuha Peut 2018-2024 menyebut, memang luar biasa panitia sudah cukup maksimal dalam bekerja melaksanakan pemilihan calon tuha peut dan patut diapresiasi.

Di mulai sejak proses penjaringan bacalon hingga terpilih calon tuha peut sejumlah 9 orang, kami masyarakat mengucapkan selamat kepada seluruh panitia untuk calon terpilih.

Hadir pada acara tersebut, Camat Kota Juang Musni Syahputra, S.IP., M.Ec.Dev sekaligus
memberi arahan kepada kepada seluruh calon terpilih di ruang kantor keuchik setelah selesai pentungan surat suara.

Selain itu pada awal hingga seusai pemilihan disaksikan Keuchik Gampong Geudong-Geudong, Fachrial beserta aparatur pemerintahan Gampong yang ikut melakukan pemilihan untuk menyukseskan acara pemilihan Tuha Peut dihadiri juga Kasipem Kecamatan Kota Juang, Sekcam Kota Juang, Babinsa, pihak keamanan (Polsek Kota Juang) mulai awal hingga selesai acara.

Keuchik Geudong-Geudong, Fachrial disela-sela prosesi pemilihann Tuha Peut dengan wajah ceria menyebut, keberadaan lembaga Tuha Peut Gampong (TPG) atau Badan Permusyawaratan Desa (BPD) dalam sistem pemerintahan gampong sekarang ini menempati posisi yang sangat penting dan terhormat dan menjadi begitu penting bagi warga di Gampong.

Disebutkan hal itu terkait penjabaran dari Permendagri Republik Indonesia No. 110 Tahun 2016 tentang Badan Permusyawaratan Desa (BPD) dan Qanun Aceh Nomor 10 Tahun 2008 tentang Pemerintahan Gampong Tuha Peut Gampong yang berfungsi sebagai Badan Pengawasan dan Permusyawaratan gampong yang disebut sebagai legislatif gampong.

Sementara lembaga eksekutif gampong yang terdiri dari Keuchik Gampong, Tgk Imum Meunasah dan perangkat aparatur gampong, aturan-aturan, petunjuk tentang adat istiadat yang ditetapkan oleh keuchik setelah mendapat persetujuan dari Tuha Peut Gampong, Seperti penetapan qanun atau reusam gampong.

Penulis: Faizin

Editor: Wulan

Ruangan komen telah ditutup.